Selasa, 24 Oktober 2017

SKRIPSI LENGKAP: Analisis Penerapan Metode Variable Costing

Zulkipli, 2015. “Analisis Penerapan Metode Variable Costing Sebagai Alat Untuk Menghitung HargaPokok Produksi Pada PT. Semen Tonasa Kabupaten Pangkep”.

        
Pembimbing, Hj. Euis Eka Pramiarsih dan Samsul Rizal. Sasaran atau tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan adalah meningkatkan jumlah produksi agar mendapat laba yang optimal. Salah satu faktor yang dapat menunjang suksesnya masing-masing bagian dalam mencapai tujuannya adalah adanya penentuan harga pokok produksi. Variable costing merupakan salah satu metode yang digunakan dalam menghitung harga pokok produksi yang memperhitungkan biaya-biaya yang bersifat variabel saja.

Masalah pokok pada penelitian ini adalah apakah penerapan metode variable costing tepat dijadikan sebagai alat untuk menghitung harga pokok produksi, serta tujuannya untuk mengetahui penerapan metode variable costing sebagai alat untuk menghitung harga pokok produksi.

Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriktif kuantitatif, data penelitian diperoleh dari perusahaan serta penulis mengadakan wawancara langsung dengan pihak terkait di PT. Semen Tonasa, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan pustaka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan harga pokok produksi yang lebih rendah jika menggunakan metode variable costing yang dikarenakan adanya biaya overhead pabrik tetap yang tidak dihitung dalam harga pokok produksi. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan harga pokok produksi yang dihasilkan perusahaan dan variable costing, dimana harga pokok produksi menurut perusahaan sebesar Rp.551.061, sedangkan menurut variable costing sebesar Rp. 420.042. Sehingga hal ini dapat mengurangi harga pokok produksi sebesar Rp.131.019. Oleh karena itu, penerapan metode variable costing dapat dikatakan tepat dijadikan sebagai alat untuk menghitung harga pokok produksi.

Kata Kunci : biaya, variable costing, harga pokok produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar